Hati-hati Penipuan Dengan Menggunakan Kupon Memenangkan Hadian Mobil

Masyarakat sepertinya harus lebih waspada atas makin maraknya penipuan undian berhadiah satu mobil Honda Jazz yang mencatut nama PT. Wings Surya Indonesia. Ada kecenderungan sindikat penipuan itu bergerak dari satu kota (daerah) ke daerah lain. Sindikat penipuan berhadian satu mobil Honda Jazz itu mulai masuk ke Kota Padang dan mungkin juga dibeberapa daerah lain. Di Baturaja misalnya, Sriwijaya Post (http://palembang.tribunnews.com) pada edisi 4 Januari 2011 memberitakan masyarakat Kota Baturja sekitarnya diminta waspada menyusul maraknya penipuan undian berhadiah satu unit mobil Honda Jazz yang mencatur nama PT Wing Surya Indonesia.

Modus penipuan memenangkan undian berhadiah mobil itu sepertinya mulai beroperasi pula di kota Padang yang modusnya boleh disebut sama dengan di Kota Baturaja beberapa waktu lalu. Jika di Baturaja kupon berhadian disebarkan dijalanan, maka di Padang salah satu polanya kupon dilemparkan ke dalam perkarangan rumah penduduk dan mungkin ada model-model penyebaran kupon lainnya.


Dari kupon yang di dapat “Dunia Hukum”, kupon dimasukkan kemasan plastic (seperti kemasan kantong plastik untuk obat) yang terdiri dari dua lembar kertas model kupon. Satu lembar kertas PT Wing Surya Indonesia yang ditandatangani General Manager PT Wing Surya Indonesia Drs Sugianto Karim SE, Departemen Keuangan RI Direktorat General Pajak Drs Darmin Nasution serta disyahkan notaris Meisye Rondohono SH MH. Satu lembar lainnya untuk meyakinkan calon korbannya dilengkapi juga Surat Keterangan Kapolda Metrojaya Direktur Lalu Lintas, Drs Condro Kirono, MM. 

Beredarnya kupon undian berhadiah mobil yang mencatut nama PT Wings Surya Indonesia itu di Kota Padang tentu diharapkan masyarakat berhati-hati dan tidak cepat percaya. Bahkan dari kupon undian itu sebenarnya sudah terlihat indikasi penipuan, dimana pada kupon undian itu tertulis “ Selamat kepada penelu surat ini. PT Wing Surya Indonesia menyampaikan kepada saudara yang mendapatkan surat ini serta lampiran….mendapatkan hadiah lansung…”. Kalimat kupon undian penemuan itu jelas adanya, mana ada orang menang undian dari sebuah kupon yang ditemukan dijalanan atau dipekarangan rumah, apalagi hadiahnya mobil. Dan yang menyelenggarakan undian perusahaan besar, maka adalah tidak masuk akal ada undian dengan menyebarkan kupon dijalanan. 

Untuk itu berhati-hatilah atas penipuan yang modusnya makin beragam dan jangan cepat percaya bila anda diberitahukan mendapatkan suatu hadian atau memenangkan suatu undian. Cari tahu informasi dan kebenarannya kepada pihak yang berkopenten sebelum melakukan tindakan apa-apa merespon dengan buru-buru menghubungi nomor telphon yang dicantumkan kupon undian yang menyatakan anda sebagai pemenang. Atau abaikan saja ketika anda merasa tidak pernah mengikuti undian apa pun. (***)


Blog, Updated at: 7/04/2011

0 komentar:

Post a Comment