Reforma Agraria Sebagai Jalan Keadilan

"Sukar dipungkiri bahwa tidak memiliki tanah mempunyai andil  bagi meningkatnya angka kemiskinan. Pada umumnya masyarakat miskin tidak memiliki tanah sebagai salah satu sumber ekonomi. " 

Oleh : Joyo Winoto, Phd (Kepala BPN RI )

Pendahuluan.

62 tahun Indonesia merdeka dari penjajah, ternyata tidak cukup waktu bagi bangsa ini untuk membebaskan diri dari penjajahan lain. Kumandang “merdeka” yang selalu dipekikkan itu, hanya mampu memberikan ruang awal bagi terbukanya kesempatan lain agar segala cita-cita kemerdekaan bisa terengkuh utuh dalam pangkuan bangsa. Sehingga setengah abad lebih kita mendayung perjalan kapal bangsa, masalah-masalah kita sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan—selain kolonialisme asing— seperti kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan tetap belum terselesaikan.

Seperti kita lihat dan kita rasakan bersama, bahwa muara dari semua persoalan tersebut adalah terusiknya rasa keadilan rakyat. Sehingga untuk memecahkan masalah yang bersifat struktural tersebut diperlukan kebijakan yang menyentuh akar masalahnya. Setelah melakukan kajian yang panjang, ditemukan bahwa inti dari masalah tersebut adalah kecil atau tiadanya aset atau akses masyarakat—khususnya masyarakat miskin—kepada sumber-sumber ekonomi terutama tanah, dan terbatasnya akses ke sumber sosial serta ke sumber politik. Dari sini bisa dilihat bahwa Reforma Agraria merupakan kebijakan mendasar yang langsung dapat membuka akses terhadap kedua sumber itu.

Perspektif Keadilan sebagai goal

Cita-cita tertinggi dari kemerdekaan adalah terwujudnya keadilan sosial. Kemerdekaan sendiri adalah proses pembebasan—yang oleh Bung Karno disebut sebagai pintu bagi pembebasan-pembebasan lainnya—seperti bebas dari kebodohan, bebas dari kemiskinan, bebas dari ketergantungan, dan bentuk-bentuk penindasan lainnya. Selain itu proses pembebasan sekaligus merupakan rangsangan kreatif bagi perwujudan keadilan sosial tersebut. Akan tetapi pasca Indonesia merdeka, agaknya keadilan sosial seakan-akan menjauh dari keseharian bangsa ini. Bahkan alih-alih keadilan yang mewujud, justru kesenjangan yang terjadi. Sebagai contoh bisa dilihat dari konsentrasi kepemilihan aset. Di mana sedikit penduduk negri ini menguasai sebagian besar aset.

Menyadari fakta demikian, maka harus ada pendekatan yang benar-benar mendasar. Pendekatan ini akan memberikan ruang bagi seluruh rakyat Indonesia untuk sejahtera. Data-data menyebutkan bahwa jumlah orang miskin (per Maret 2007) di Indonesia mencapai 37,17 juta jiwa atau 16,58 persen dari total populasi penduduk. Dari total jumlah tersebut, desa merupakan yang terbesar (21,90 persen). Dari total penduduk miskin di pedesaan ini, 56 persennya menggantungkan kehidupan sepenuhnya kepada sektor pertanian. Selain itu, dari total penduduk miskin pedesaan sekitar 90 persen adalah mereka yang bekerja.
Selain kemiskinan, data pengangguran juga masih sangat tinggi. BPS (Pebruari 2007) menyebutkan bahwa 9,75 persen dari total angkatan kerja penduduk merupakan penduduk menganggur (setara 10,55 juta jiwa). Kedua fakta di atas menjelaskan bahwa ada masalah struktural yang tengah kita hadapi bersama. Belum lagi masalah-masalah yang disebut sebagai “colonial mode of development” yang mewujud dalam kerangka pembangunan yang kolonialistik, eksploitatif, tidak membebaskan, myopic, dan berperspektif jangka pendek. Setelah membebaskan diri dari paradigma berpikir demikian, kita juga harus membebaskan diri kita dari model kebijakan ujung pipa (end pipe policies).

Dalam konteks demikian, maka pendekatan paling mendasar dari masalah kemiskinan, pengangguran, adalah empowering mode of development, serta kebijakan dan program pembangunan langsung yang mengatasi masalah dasar dan sekaligus masalah struktural.

Sebelum menjelaskan ontologi pendekatannya, terlebih dahulu juga perlu diposisikan penyebab kemiskinan. Dari berbagai kajian akademik, ternyata ditemukan bahwa masalah kemiskinan bukan masalah pendapatan, tetapi masalah aset. Aset adalah hak dasar dari semua warga. Pemenuhan atas kebutuhan akan aset secara langsung berarti memenuhi kebutuhan hak dasar warganya. Sehingga kebijakan berbasis peningkatan aset menemukan relevansinya dengan apa yang dikemukakan oleh Sen. Sebab kepemilikan akan aset akan berdampak kepada terbebaskannya manusia dari belenggu kemiskinan, serta terpenuhinya hak-hak dasar rakyat seperti akses kepada sumberdaya ekonomi maupun politik.

Rakyat yang memiliki aset akan langsung memiliki semangat inovatif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kerangka demikian maka Reforma Agraria menjadi bagian penting yang harus dijalankan. Mengapa? Karena Reforma Agraria akan memberikan peluang bagi rakyat miskin tidak bertanah menjadi memiliki aset. Selain itu, secara politik Reforma Agraria adalah strategi dasar negara untuk membangun struktur politik, ekonomi, dan sosial yang berkeadilan.

Reforma Agraria: Jalan Kemajuan yang sudah dilalui banyak Orang

Sebenarnya, Reforma Agraria di Indonesia bukan kebijakan baru. Kebijakan Reforma Agraria di Indonesia sama waktunya dengan kebijakan serupa di Taiwan. Namun ketika Taiwan terus melesat dengan industrialisasinya, kita malah mandeg sebab kebijakan Reforma Agraria ini dihentikan di tengah jalan. Beberapa studi mutakhir juga menjelaskan betapa urgen peran Reforma Agraria ini dalam melesatkan bangsanya kepada kemajuan. Easterly (2001) menyatakan: “ growth benefit for people most where acces to land fair”. Senada dengan kesimpulan di atas, kajian terbaru Worl Bank (2007) juga mencatat bahwa penurunan kemiskinan di China dari 53 persen tahun 1981 menjadi hanya 8 persen tahun 2001 merupakan hasil positif dari Reforma Agraria yang diterapkan pada tahun 1978. Begitu juga dengan Rodrik dalam DFID (2007) menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi justru lebih cepat di negara-negara yang memiliki distribusi tanah yang lebih merata.

Bercermin dari kemajuan bangsa-bangsa di atas, sudah saatnya kita kembali ke sistem, aturan, dan kebijakan politik yang selama ini sudah disadari sebagai mandat dari konstritusi kita, yaitu Reforma Agraria. Selain agar kita tidak semakin terlambat, kebijakan ini juga sebagai bentuk warisan yang harus dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Reforma Agraria: Kebangsaan, dan Pembangunan

Reforma Agraria mendasarkan diri pada sebuah proses distribusi yang adil atas suatu aset—dalam hal ini tanah. Tanah sendiri bagi kebanyakan manusia merupakan identitas yang melekat kepadanya status kebangsaan dan kenegaraannya. Terlebih bagi rakyat Indonesia, Undang-undang Pokok Agraria No. 05 Tahun 1960 menyebutkan bahwa hubungan warga dengan tanahnya bersifat abadi dan asai. Dari hubungan ini sangat berdampak kepada kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, dan keberlanjutan, serta harmoni bangsa dan Negara Indonesia.

Untuk itu, maka Reforma Agraria tidak lain untuk melanjutkan amant UUD 45 di mana tanah dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Hal ini mungkin karena negara memiliki kekuasaan atas seluruh bumi, air, dan ruang angkasa. Maka dengan Reforma Agraria berarti negara telah mendorong proses tegaknya keadilan sosial yang dicita-citakan bangsa ini sejak merdeka.

Dalam posisi dengan maka tanah adalah modal kehidupan. Sehingga agar ia efektif, maka harus didasarkan kepada empat prinsip berikut: (i) pertanahan harus berkontribusi secara nyata untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat; (ii) pertanahan harus berkontribusi secara nyata untuk meningkatkan tatanan hidup berkeadilan; (iii) pertanahan harus berkontribusi secara nyata untuk menjamin keberlanjutan sistem kemasyarakatan, dan kebangsaan Indonesia; dan (iv) pertanahan harus berkontribusi secara nyata untuk menata kehidupan yang harmonis dan mengatasi berbagai konflik sosial.

Dengan penjelasan di atas, menjadi semakin jelas, bahwa Reforma Agraria merupakan agenda yang harus menjadi mainstreaming bangsa ini kini dan esok. Ia akan menyelesaikan berbagai masalah struktural bangsa yang selama ini tidak kunjung selesai. Ia juga akan mengembalikan identitas kewargaan yang selama ini kadang tidak terdengar karena alienasi pembangunan.

Jalan Terjal Perlu Kebersamaan

Merujuk kepada paparan singkat di atas, maka nyata sekali bahwa Reforma Agraria bukanlah program yang ringan untuk dilaksanakan. Cakupan dan dampak dari program ini berdimensi sangat luas bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Oleh karenanya gerakan ini menuntut keterlibatan penuh seluruh komponen bangsa.

Selain itu pengalaman berbagai negara menunjukkan bahwa gerakan Reforma Agraria ini juga harus dilaksanakan dengan sepenuh hati, pikiran, dan sumberdaya; tiada mengenal gerak setengah-setengah—apalagi penuh kebimbangan dan serba tidak pasti. Sehingga Reforma Agraria mampu memberikan ruang gerak agar terjadi dinamika sosial yang positif bagi masyarakat, agar apa yang menjadi cita-cita tertinggi dari kemerdekaan bangsa ini, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, benar-benar bisa kita rasakan bersama. (***) Sumber:bpngresik.blogspot.com


Blog, Updated at: 10/21/2011

84 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. REFORMA AGRARIA memang memiliki dampak yan sangat positif bagi kesejahteraan rakyat seperti yang terkadung dalam amanat konstitusi. serta meningkatnya perekonomian masayarkat didalamnya, sehingga pengentasan kemiskinan dapat segera terlaksana. hal demikian sangat positif nilainya serta manfaatnya jika pemerintah dan keseluruhan masyarakat dapat mewujudkanya.

    ReplyDelete
  3. Data-data menyebutkan bahwa jumlah orang miskin (per Maret 2007) di Indonesia mencapai 37,17 juta jiwa atau 16,58 persen dari total populasi penduduk. Dari total jumlah tersebut, desa merupakan yang terbesar (21,90 persen). Dari total penduduk miskin di pedesaan reformasi agraria sebagai jalan keadilan,, tapi dimana keadilan yang dicang-cangkan tersebut kita cari,, kalu sistem pemerintah kita masih seprti in i,,hanya janji-janji manis yang dilakukan oleh pemerintah,,karena masalah reformasi agraria ini bukan masalah baru karena sejak kita merdeka sampai sekarang reformasi agraria sudah dicangkan oleh presiden soekarno baik reformasi dari kebodohan,dan kemiskinan,dan juga cita-cita dari bangsa ini semenjak baru berdiri yaitu sektor agraria sebagai sektor untuk kemakmuran rakyat tapi kenyataan nya sampai sekarang apa yang di inginkan oleh rakyat indonesia tidak terwujud,,dari data yang dihimpun 56% rakyat inmdonesia adlah petani dan jumlah kemiskinan per maret 2007 mencapai 37,17 juta jiwa atau 16,58 persen dari total populasi penduduk di indonesia,, oleh karena itu pemerintah harus membuka lapangan pekerjaan yang banyak supaya bisa mensejahterakan rakyak indonesia dan memiliki aset akan tanah supaya apa yang di ingginkan oleh pemerintah dan rakyat tercapai dengan baik..

    ReplyDelete
  4. Zulfadli

    Yang paling penting direforma adalah legal struture (aparat/ birokrasi BPN).

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat anda.
      apabila itu semua sudah berjalan baik dan benar maka akan tercapai nya suatu tujuan itu.

      Delete
  5. reforma agraria sangat menguntungkan bagi orang miskin karna dapat membantu orang miskin dalam bidang perekonomian dan sosial,dan dapat langsung memberikan bantuan kepada rakyat miskin secara merata kepada yang benar membutuhkan bantuan tersebut.

    ReplyDelete
  6. Peran pemerintah dalam reforma agraria tersebut sangatlah penting,karna reforma agraria mempunyai peran yang sangat positif di dalam masyarakat.contoh nya memperbaiki perekonomian rakyat miskin dan kesenjangan sosial nya.

    ferry kurniawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar,,tetapi reforma agraria di indonesia tidak berjalan dengan baik,.

      Delete
  7. dalam mewujudkan kesenjangan sosial dan perekonomian rakyat indonesia sangat penting sekali karna membantu perekonomian rakyat miskin di indonesia,sesuai dengan reforma membantu rakyat miskin dengan merata agar pemerintah memberikan bantuan secara nyata agar terlaksana.

    ReplyDelete
  8. Inovasi atau perubahan sangat dibutuhkan bagi negara berkembang seperti negara indonesia. Butuh pemikiran-pemikiran yang maju untuk mewujudkan cita-cita dan masa depan bangsa. Dalam reforma agraria kita belum mampu mewujukan cita-cita rakyat. Banyak contoh kasus di negara bagian timur indonesia terlibat sengketa tanah,baik masyarakat dengan masyarakat maupun dengan negara...berkaca dari dari reforma agraria taiwan ,meskipun telah berkembang menjadi negara industriliasasi masih saja menggerakan reformanya sampai saat ini...tapi kenapa indonesia masi belum konsisten terhadap reforma agrarianya,,??? Sudah saatnya kita bangsa indonasia memikirkan masa depan bangsa ini.. dan melanjutkan kebijakan reforma agraria yang sempat terhenti di negara kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut Resfina kenapa Indonesia belum konsisten terhadap reformasi agraria ?

      Delete
    2. menurut saya, kalau dilihat dari kebijakan reforma agraria nya sudah baik, namun pengimplikasiannya belum begitu terlaksana..
      nahh.. kalau menurut bapak bagaiman..???

      Delete
    3. kalau menurut saya pak,karna pemerintah kita tidak melibatkan elemen-elemen atau masyrakatnya untuk ikut serta dalam menjalankan program ini pak.

      Delete
    4. kalau menurut saya, karena indonesia masih kental dengan adat istiadat . jadi walaupun dibuatkan hukum nasionalnya mungkin akan susah penyesuaian nya dengan 19 pembagian hukum adat yang ada di indonesia menurut *Van vollen hoven ... dan saya setuju dengan pendapat saudara @Jerry .

      Delete
  9. Reforma Agraria merupakan sebuah distribusi yang memberikan keuntungan kepada masyarakat kecil. Karna didalam distribusi tersebut reforma agraria telah mendorong proses tegaknya keadilan yang ada dimasyarakat. Untuk terbentuknya suatu proses keadilan maka masyarakat melakukan suatu kebijakan seperti menyediakan sumber-sumber ekonomi yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau demikian halnya, mengapa reforma agraria sulit direalisasikan ?

      Delete
  10. reforma agraria merupakan awal dari negra Indonesia untuk mencapai cita-cita untuk mensejahrakan rakyat Indonesia , agar terciptanya masyarakat yang jauh dari kebodohan, kemiskinan dan penindasan dari Negara-negara yang ingin menjajah Indonesia untuk mengambil keuntungan dari Indonesia.
    Dengan reforma agraria lah Indonesia dapat terbebas dri semua itu.
    Seperti contoh nya hal di Negara Taiwan, mampunyai dinegara Taiwan untuk menciptakan reforma agraria sehingga dinegara tersebut jauh dari kebodohan, kemiskinan dan penindasan.

    ReplyDelete
  11. ayo indonesia, pasti bisa membuat perubahan reforma agraria yang lebih baik dari negara-negara luar,lakukan dengan sepenuh hati pikiran dan sumberdaya. jangan setengah - setengah melakukannya, ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yg terus terperosok miskin. jangan memikirkan diri sendiri, pikirkan masyarakat yang hanya bisa menunggu dan menantikan terjadinnya perubahan yg di buat pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut anda perubahan apa yang harus dilakukan oleh Negara ini agar reforma agraria ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan bahkan lebih dari Negara2 lain yg telah berhasil ???

      Delete
  12. menurut saya "melakukan reforma agraria itu sudah suatu keharusan yang dilakukan indoneisa sejak dulu"


    dengan berjalannya waktu dan seiring dengan perkembangan teknologi di dunia, bisa saja peraturan perUUan yang diberlakukan saat ini adalah UU no 5 tahun 1960 tidaklah lengkap lagi ... !

    dan dari praktek yang terjadi di lapangan, seperti investasi (penanaman modal asing) yang terjadi di daerah mentawai, investasi asing itu tanpa diketahui oleh pemerintah setempat dan itu pun membuat pengusaha setempat jadi lemah dalam persaingan seperti (membangun hotel)..
    padahal jika pendanaan dan investasi oleh orang dalam negri bisa menjadi pemasukkan keuangan dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat bisa jadi membangun tempat penginapa berbasis hotel .. !
    jadi dengan hal ini apakah pemerintah hanya berdiam diri dan berpangku tangan, dan menurut saya seharusnya mentawai bia bersaing dengan HAWAI dan BALI dalam hal pariwisata dan mentawai pun menjadi tujuan wisata ketiga setelah HAWAI dan BALI.

    ReplyDelete
  13. memang benar, reforma agraria sangatlah penting bagi masyrakat miskin, tapi apakah program ini sudah di laksanakan sesuai dengan tujuan,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut anda bagaimana ? Apakah sudah sesuai dan apa dan fakta pendukungnya.

      Delete
    2. menurut anda sendiri bagaimana!?? kalau belum,apa solusinya??

      Delete
  14. bangsa ini butuh perubahan di berbagai bidang yang selama ini mempersulit dalam perkembangan bangsa pada saat sekarang,reforma agraria sangat di tungu masyarakat,karna selama ini reforma agraria tidak berjalan sebagai mana yang di amanatkan dalam UU yang mengatur,untuk itu butuh sebuah kajian bersama untuk memperbaiki untuk lebih baik,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat dengan saudara fauzan,
      ketika kita lihat dari pemikiran-pemikiran atau ide-ide yang timbul dari pemerintah sangatlah bagus tatapi disaat menjalankan ide tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah dipikirkan mereka dan akhirnya putus ditengah jalan/tidak selesai sampai tujuanya.

      Delete
    2. perubahan yang seperti apa seharusnya dilakukan agar dapat memperbaiki reforma agraria di bangsa ini???

      Delete
    3. onl raisha .,berjalanannya reforma agraria secara baik dan sesuia dengan sasaran memang membutuhkan orang yang frefesonal dalam menjalankan tugasnya,karna reforma agraria sangat di butuhkan oleh masyarakat miskin,di samping itu bisa mendongkrak perekonimian masyarakt kebawah,keseriusan sangat di perlukan agar terelisasi dengan baik sesui dengan apa yang telah di tentukan .,.

      Delete
  15. Sudah saatnya pemerintah melekukan reforma Agraria, sebab perubahan itu memeng seyogyanya harus kita lakukan sesuai perkembangan zaman,itu smua tidak terlepas dari keinginan kita semua,yaitu untuk memenuhi rasa keadilan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. rahmad .,reforma agraria tidak lain menlanjutkan amanat UUD 1945 dimana tanah di manfaatkan sebesar besarnya bagi kemakmuran rakyat.,.untuk membangun reforma agraria agar tepat sasaran butuh keseriusan dan kebersamaan.,.,.

      Delete
  16. Keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia merupakan tujuan negara yang tercantum pada alinea keempat pembukaan UUD 1945. Dalam mewujudkan tujuan tersebut pendistribusian aset dalam hal ini tanah secara merata merupakan salah satu upaya yang menjanjikan. Namun dalam mewujudkan hal tersebut tentu saja dibutuhkan upaya maksimal dari semua pihak terutama pemerintah. Mengapa pemerintah? Dalam penerapan reforma agraria ini diharapkan pengawasan dan koordinasi dari pemerintah yang mendetail pada setiap lapisan masyarakat. Hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan dan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Seperti juga halnya pendistribusian raskin dan BLT lalu yang terbukti banyak disalahgunakan dan tidak tepat sasaran karena "permainan" oknum tertentu maupun kesalahan dalam sistem administrasi. Semoga reforma agraria dapat segera terealisasikan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahwasanya reforma agraria merupakan agenda yang harus menjadi maintreaming bangsa.,dan reforma agraria juga akan mengembalikan indetitas kewarga negaraan

      Delete
  17. Indonesia memang saat ini telah merdeka , dalam artikata merdeka itu bebas dri penjajahan kemiskinan tetapi apa yang kita rasakan saat sekarang ini masih banyak rakyat indonesia yang mengalami kemiskinan dan kita masi di jajah dengan industrian . kita belum merdeka sebenar nya. waktu era orde baru kita dapat menjadi negara swasembada pangan yang mana negara kita dapat mengimpor beras keluar negri, akan tetapi perekonomian kita saat sekarang makin memburuk, dimna negara kita tidak lagi bisa mengimpor beras, malahan kita yg ekspor beras dari negara lain, ini semua tugas pemerintah dengan ada nya reforma agraria seharus nya pemeritah dapat membuat sumberdaya manusia lebih intelek dan mengatasi pengangguran, dengan membuka lapangan pekerjaan di desa-desa

    ReplyDelete
  18. di indonesia masih kurangnyan rasa keadilan, kesenjangan sosial, menurut artikel diatas kemiskinan terjadi krn kurangnya akset masyarakat,, terkadang masyarakat tidak mampu mempertahan kan akset nya itu sendiri,, jangan kan masyarakat negara pun terkadang tidak mampu untuk memper tahan kan asetnya, contoh pulau sipadan yg diambil alih oleh negara malaysia,, pertanyaan saya bagai mana cara mempertahan kan aset yg kita miliki,, supaya tidak diambil alih oleh orang lain ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya caranya tidak jauh beda dengan bagaimana orang mempertahankan asetnya sendiri.

      Delete
    2. menurut pendapat saya, cara mempertaha kan aset negara kita, dengan cara menjaga nya dengan baik, seperti contoh batik, yang mana malaysia mengclaim bahwa batik adalah produk asli malaysia, padahal batik itu mede in indonesia , dengan banyak nya orang yang memakai batik itu juga merupakan mempertahankan aset negara atau karya indonesia?

      Delete
  19. Menurut pendapat saya reforma agraia sangatlah menguntungkan bagi masyarakat miskin dan bagi pengangguran. agar semua itu terealisasi, marilah kita dukung program pemerintah tersebut supaya tidak ada lagi orang miskin, apalagi pengangguran. Dan saya berharap kepada pemerintah supaya semua itu cepat dilaksanakan, selain itu pemerintah harus juga memeberikan arahan atau bimbingan kepada masyarakat tersebut tentang bagaimana mengelola dan memanfaatkan lahan yang telah disediakn tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut anda apa reforma agraria yang telah dilakukan pemerintah sudah maksimal atau bagaimana!?? kalau blm, apa yg harus dilakukan oleh pemerintah demi tercapainya keadilan yang merata tersbut!??

      sekian.trim"zZz

      Delete
  20. pada umumnya indonesia merupakan negara agraria,di era kemerdekaan ini sangat banyak perkembangan yang di lakukan indonesia sehingga indonesia dapat meningkatkan reforma agraria , walaupun belum berkembang pesat dan juga peran pemerintah pusat juga mendukung agar tercapainya cita cita indosesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak negitu jelas apa yang ingin dikemukakan

      Delete
  21. Reformasi agraria sangat penting untuk kemajuan masyarakat indonesia, karena dengan adanya reformasi agraria ini rakyat miskin yang tidak memiliki tanah akan mempunyai aset seperti akses sumber daya ekonomi,poitik dan sosial yang adil.
    Didalam UUD 1945 mengamanatkan bahwasanya tanah dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat. Namun pada saat sekarang ini, masih banyak amanat UUD 1945 ini dilanggar, sebab tanah tidak saja dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyatmelainkan untuk keuntungan suatu golongan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut anda sendiri, apakah reforma sudah berjalan? apakah anda yakin reforma akan memberikan keuntungan bagi masyarakat?

      Delete
    2. Menurut saya reforma agraria secara teori telah berjalan hal ini dapat dilihat dalam UUD 1945 bahwasanya negara memiliki kekuasaan atas seluruh bumi, air dan ruang angkasa untuk kemakmuran rakyat. namun kenyataanya dilapangan ditemukan bukan demi kemakmuran rakyat tapi untuk kemakmuran penguasa. jadi,secara praktek reformasi agraria belum berjalan seperti diinginkan rakyat indonesia.
      Dengan reforma agraria saya yakin akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, terutama masyarakat miskin.

      Delete
  22. reformasi agraria sangat diperlukan sekali bagi bangsa indonesia terutama bagi rakyat miskin, apalagi bagi masyarakat yangtidak memiliki tanah. didalam UUD 1945 ditegaskan bahwa negara memiliki kekuasaan atas seluruh bumi,air dan ruang angkasa untuk kemakmuran rakyat berdasarkan keadilan. namun pada kenyataannya hal yang ditegaskan dalam UUD 1945 itu tidak untuk kemakmuran rakyat akan tetapi untuk kemakmuran individu.

    ReplyDelete
  23. setelah indonesia merdeka, tujuan atau cita - cita tertinggi dari kemerdekaan adalah terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, akan tetapi pasca indonesia merdeka, agaknya keadilan sosial seakan-akan menjauh dari keseharian bangsa ini. dan akan tetapi faktanya indonesia saat ini belum merdeka atas kemiskinin. sebaiknya pemerintah lebih mengutamakan kepentingan rakrat dari pada politik....??? dan saya setuju atas reforma agraria ini, karena sangat menguntungkan bagi masrakat miskin dan penggangguran...!

    ReplyDelete
  24. Semoga saja Reforma agraria diharapkan mempersempit ketimpangan penguasaan dan pemilikan lahan (tanah) yang terjadi sejak masa feodalisme, kolonialisme, hingga kemerdekaan.serta melakukan penataan kembali susunan kepemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber agraria, untuk kepentingan RAKYAT KECIL, secara menyeluruh dan komprehensif.

    ReplyDelete
  25. menurut saya, reforma agraria pada saat ini belum tercapai untuk pembaruan kelangsungan hidup masyarakat indonesia, karna terdapat bnyk kesenjangan sosial. apalagi terhadap masyarakat miskin, pada saat sekarang ini masyarakat miskin yg mempunyai tempat tinggal yg seadanya justru mendapatkan masalah dalam kehidupan sehari-hari nya, seperti saat sekarang pemerintah menggusur tempat tinggal mrka sehingga meraka trpksa mencari tmpat tinggal yg se adanya.
    jadi haruskah pemerintah melakukan tindakan yg seperti itu ? mka dari itu lah di buat reforma agraria agar masyarakat indonesia bisa hidup dengan tentram.

    ReplyDelete
  26. sudah sepantasnya reforma agraria dilakukan di indonesia.. agar ada keadilan bagi seluruh warga indonesia.. tapi kenapa sampai saat ini masih banyak rakyat indonesia yang miskin, terutama warga yang tinggal di pedesaan yang mayoritas matapencariannya adalah sebagai petani ?? sepertinya reforma agraria di indonesia sampai saat ini belum berjalan efektif

    ReplyDelete
    Replies
    1. memank menurut saudara kenapa semua itu menjadi belum efektif, jadi agar semua nya menjadi efektif apa yang harus dilakukan???

      Delete
  27. hendaknya pemerintah kita telah mulai memikirkan bagaimana seharusnya reforma agraria ini bisa berjalan di Negara kita ini ...
    karna dampak reforma agraria ini sangatlah besar bagi kemajuan suatu bangsa dan bisa menegakkan rasa keadilan agar tidak ada lagi kesenjangan sosial.
    kita wajib mencontoh negara-negara yang telah sukses dengan reforma agrarianya.

    ReplyDelete
  28. Dari sini kita juga dapat melihat betapa lalainya pejabat negara dan pemerintah dalam melaksanakan tugasnya. Reforma agraria bukanlah suatu kebijakan baru di indonesia dan telah di atur dalam UU pokok agraria NO.5 tahun 1960. Sebagaimana kita ketahui reforma agraria merupakan strategi dasar negara untuk membangun struktur politik, ekonomi dan sosial. Reforma agraria mempunyai dampak positif bagi perwujudan keadilan sosial terutama bagi masyarakat miskin yang tak bertanah, tapi kenapa masih terdapatnya penggusuran paksa terhadap masyarakat miskin pak???

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. sesuatu tidak akan menjadi sesuatu jika, sesuatu itu tidak ada sesuatu,

      Delete
    2. apa itu sesuatu???mohon dijelaskan broo...

      Delete
  30. pertanyaannya apakah reformasi agraria adalah soluso yg tepat bagi bangsa ini....??
    Indonesia juga memiliki laut yg luas serta sumber daya gas alam yang besar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. reformasi agraria adalah solusi yang tepat untuk mewujudkan kadilan rakyat kecil.sumberdaya gas alam yang ada tidak dapat dimiliki oleh rakyat kecil, yang dapat mengolah nya adalah orang2 kaya. sehngga rakyat kecil hanya bisa menjadi buruh, sehingga tetap tidak menwujudkan keadilan bagi rakyat kecil.

      Delete
    2. setuju ... karena itulah indonesia menjadi sasaran untuk penanaman modal asing / investasi . seharusnya masy dan pemerintah menyadari itu ... seharusnya masy dan pemerintah bekerja sama

      Delete
  31. teori tidak akan sejalan dengan prakteknya kalau dilakukan di negara indonesia ini.....

    ReplyDelete
  32. indonesia negara yang akan dg hsil bumi nya yg berlimph luas dr sabang smpai merauoke,dengan tanah yang sbur dan menghsilkan yang bermanfaat bgi negara indonesia ini dan rakyat itu sendiri.
    tapi dibalik luas nya tanah n hasil bumi di indonseia ada nya kekurangan yang mana telah kita liat slmaa ini tidak ada nya ke adilan ntuk rakyat kecil saat ini.dengan adanya uu pokok agraria no 5 tahun 1960 dapat lah mmberikan kepastian hukum bgi slruh rakyat indonesia dengan adildan mmberikan kemungkinan akan tercpai nya fungsi bumi,air dan ruang angkasadengan kepentingan rakyat indonesia itu sendiri

    ReplyDelete
  33. Kebijakan Reforma Agraria ini memang sangat bagus untuk dipakai di Indonesia, tetapi cara menjalankannya itu yang di Indonesia sangat sulit. Reforma Agraria itu bisa saja berjalan seperti yang diharapkan apabila pemerintah, pejabat-pejabat terkait serta masyarakat mau mengikuti dan menjalakan aturan-aturan yang ada.

    Aulia Rachman Huza 10-110

    ReplyDelete
  34. Reforma Agraria pada kenyataanya memang harus diterapkan , dikarenakan dasar atau fondasi utama dari pelaksanaan sistem ekonomi neoliberal adalah perampasan tanah atau kekayaan alam yang dijalankan dengan cara-cara kekerasan / memaksa.

    ReplyDelete
  35. Reforma Agraria tidak lain untuk melanjutkan amant UUD 45 di mana tanah dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Hal ini mungkin karena negara memiliki kekuasaan atas seluruh bumi, air, dan ruang angkasa. Maka dengan Reforma Agraria berarti negara telah mendorong proses tegaknya keadilan sosial yang dicita-citakan bangsa ini sejak merdeka.

    ReplyDelete
  36. reforma agraria memang penting dan dapat memberi dampak positif bagi kesejahteraan rakyat jika penerapan nya di lakukan secara benar
    semoga dengan adanya reforma agraria dapat membantu laju perekonomian masyarakat miskin

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah menurut saudara reforma agraria di negara ini benar2 telah memberikan dampak positif bagi rakyat??

      Delete
  37. Menurut saya , Reforma agrarai adalah sebagai alternatif solusi kasus sengketa agraria .
    di karenakan Reforma agraria adalah sebagai upaya negara untuk menata penguasaan dan kepemilikan tanah secara adil. Lewat program itu, masyarakat diberi akses untuk memanfaatkan atau menguasai/ memiliki tanah. Utamanya adalah menata kembali penguasaan tanah bagi masyarakat. Salah satu hal penting yang diatur dalam PP itu, misalnya, saat pemberian akses atas tanah. Apakah tanah langsung diberikan hak milik atau lebih dulu dengan transisi melalui hak pakai atau selamanya hak pakai.
    Reforma Agraria bisa bermanfaat yakni memastikan bahwa tanah tidak ada sengketa.

    ReplyDelete
  38. hubungan reforma agraria dengan pasal 33 UUD 1945 ayat (3) ditinjau dari tujuannya masing2, contohnya;
    reforma agraria merupakan suatu kebijakan / program pemerintah yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan,kemakmuran dan keadilan sosial masyrakat dengan memenfaatkan tanah sebesar-besarnya.
    sementara itu, pasal 33 UUD 1945 ayat (3) berbunyi:
    "Bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat.sebab itu harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat."
    oleh sebab itulah artikel ini mengatakan reforma agraria merupakan lanjutan dari amanah UUD 1945.karena memiliki tujuan yang sama.

    menurut saya dari uraian di atas terlihat bahwa kemakmuran masyarakatlah yang di utamakan bukan kemakmuran perorangan. oleh sebab itu cabang - cabang terpenting harus di kuasai oleh negara. kalau tidak akan jatuh ketangan orang yang berkuasa dan rakyat tertindas, karena di masa reformasi, UUPA 1960 masih terus diselewengkan. “Karena tata perundang-undangan di masa reformasi tidak mengenal Undang-Undang Pokok. Semua Undang-Undang dianggap sejajar,”.

    ReplyDelete
  39. reforma agraria sangatlah bagus tetapi bangsa kita tidak sepenuhnya untuk menjalankan program ini seperti dinegara cina bangsa mereka serius dalam menjalankan reforma agraria dengan melibatkan elemen bangsa mereka sendiri dan mendapatkan hasil yang positif (berkurangnya angka kemiskinan)

    jadi pertanyaannya adalah kenapa pemerintah indonesia memberhentikan program ini,.,?

    ReplyDelete
  40. Reforma Agraria mendasarkan diri pada sebuah proses distribusi yang adil atas suatu aset—dalam hal ini tanah. Tanah sendiri bagi kebanyakan manusia merupakan identitas yang melekat kepadanya status kebangsaan dan kenegaraannya. Terlebih bagi rakyat Indonesia, Undang-undang Pokok Agraria No. 05 Tahun 1960 menyebutkan bahwa hubungan warga dengan tanahnya bersifat abadi dan asai. Dari hubungan ini sangat berdampak kepada kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, dan keberlanjutan, serta harmoni bangsa dan Negara Indonesia.
    Untuk itu, maka Reforma Agraria tidak lain untuk melanjutkan amant UUD 45 di mana tanah dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Hal ini mungkin karena negara memiliki kekuasaan atas seluruh bumi, air, dan ruang angkasa. Maka dengan Reforma Agraria berarti negara telah mendorong proses tegaknya keadilan sosial yang dicita-citakan bangsa ini sejak merdeka.

    ReplyDelete
  41. Menurut UUPA bahwa tujuan pembaruan agraria adalah penciptaan keadilan sosial, peningkatan produktivitas dan peningkatan kesejahteraan rakyat untuk mewujudkan tujuan kemerdekaan bangsa yang terangkum dalam pembukaan UUD 1945 dan terjemahan dari praktek ekonomi negara dalam pasal 33 UUD 1945.Ketimpangan agraria dan perampasan tanah yang cukup tinggi dan berujung pada konflik agraria mengharuskan republik ini harus segera berbenah untuk melakukan upaya maksimal peningkatan kesejahteraan kaum petani dan masyarakat secara umumnya.

    Tuntutan petani sebenarnya adalah diwujudkannya reforma agraria oleh pemerintah seperti yang termaktub dalam Undang - Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Undang -Undang Pokok Agraria (UUPA) yang merupakan turunan dari Pembukaan UUD 1945 dan pasal 33 UUD 1945 yang sampai saat ini tidak pernah dijalankan oleh negara, terutama rezim SBY (rezim massifnya konflik agraria).

    ReplyDelete
  42. tidak perlu lagi adanya reforma agraria di negara ini,,dalam uud 1945 pasal 33 jelas disebutkan bahwa air,udara serta kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan diperuntukan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. ikuti saja apa yang diinstruksikan uud kita,,,bereskan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo UUD 1945 pasal 33 itu tidak bisa dijalankan sesuai dengan instruksinya, lalu apa solusi yang bisa dilakukan agar dapat memberikan keuntungan untuk rakyat?

      Delete
    2. menurut saya reforma agraria itu perlu.. untuk memperjelas dan memperkuat yang disebutkan dalam pasal 33 uud 1945,,

      Delete
  43. tanah sebagai salah-satu sumber kesejahteraan rakyat belum mampu mewujudkan kesejahteraan yang sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat sebagaimana amanat Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menyatakan bahwa “bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai dan digunakan sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat”. Hal ini sejalan dengan ketentuan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) yang menyatakan bahwa semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial.

    ReplyDelete
  44. Reforma agraria merupakan suatu landasan yang dilakukan atau dilaksanakan untuk kesejahteraan rakyat, membangun perekonomian bangsa. Dalam UUD 1945 sebagai landasan konstitusi berbangsa dan bernegara dengan merumuskan pasal 33 ayat 3. Berdasarkan pasal tersebut pemerintah membuat struktur agraria dengan membuat Undang-Undang pokok agraria no.5 tahun 1960. Jadi untuk menunjang kesejahteraan rakyat dan untuk keadilan sosial sangatlah penting terlaksananya reforma agraria.

    ReplyDelete
  45. Reforma agraria merupakan prasyarat penting untuk meningkatkan kedaulatan pangan, produktivitas dan kesejahteraan. Produksi bahan pangan semakin baik sehingga mengurangi ancaman krisis pangan. Reforma agraria saat ini bisa dimulai dari mengoptimalkan lahan-lahan negara dan lahan terlantar untuk dapat diakses oleh petani. Jika lahan telantar itu didistribusikan kepada petani, kita akan lebih mudah untuk mencapai swasembada pangan, reforma agraria bisa mengurangi permasalahan kesenjangan ekonomi dan ketimpangan kepemilikan tanah jika masyarakat dan pejabat yang bersangkutan mengikuti aturan yang di terapkan.

    ReplyDelete
  46. Pada prinsipnya gerakan agraria adalah suatu usaha,upaya dan kegiatan yang dilakukan secara kolektif atau bersama dengan tujuan untuk merombak tata sosial di bidang agraria, karena tata yang ada dianggap tidak adil dan tidak sesuai sebagai dasar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Karenanya yang dibutuhkan adalah kesadaran bersama untuk menuju keadilan bersama.
    kalau dilihat saat ini proses gagasan reforma agraria belum menjadi agenda bersama negara.
    visi ideologis reforma agraria mestilah mengacu pada UU no 5 th 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agaraia (UUPA) yg memiliki jiwa dan semangat kerakyatan yg mendahulukan kepentingan golongan ekonomi lemah.namun, pada kenyataannya, tidaklah demikian... hak-hak masyarakat adat atas tanahnya yang diakui oleh Hukum Agraria 1960,(UUPA) tidak berjalan sebagaimana yang dicita-citakan. karna masih terdapat begitu banyak penyimpangan seperti, lebih diutamakannya investasi dalam pembangunan ekonomi,sehingga menyebabkan hak-hak masyarakat atas tanah sering terabaikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah yang menjadi tujuan dari uu no.5 tahun 1960 tentang pengaturan dasar pokok-pokok agraria, telah berjalan seperti apa yang diharapkan oleh uu didalam masyarakat pada prakteknya???

      Delete
    2. apakah yang menjadi tujuan dari uu no.5 tahun 1960 tentang pengaturan dasar pokok-pokok agraria, telah berjalan seperti apa yang diharapkan oleh uu didalam masyarakat pada prakteknya???

      Delete
    3. kalau dikatakan belum berjalan jg salah... mmang reforma agraria sudah dijalankan namun belum ssuai dengan apa yang diharapkan. hal ini di mungkinkan karna faktor yang sebagaimana telah di ungkap dalam artikel di atas yakni karna reforma agraria dilakukan setengah-setengah tanpa adanya kerja keras untuk mewujudkan keadilan tersebut, ditambah lagi sebagian dr pemerintahan kita masih mementingkan kepentingan individu semata...

      Delete
  47. Reforma Agraria adalah suatu penataan kembali (atau penataan ulang) susunan pemilikan, penguasaan dan penggunaan sumber-sumber agraria (terutama tanah), untuk kepentingan rakyat kecil (petani, buruh tani, tunakisma, dll), secara menyeluruh dan komprehensif.
    Tujuan utamanya secara makro adalah mengubah struktur masyarakat, dari susunan masyarakat warisan stelsel feodalisme dan kolonialisme menjadi suatu susunan masyarakat yang lebih adil dan merata
    Secara mikro tujuannya adalah agar sedapat mungkin semua (atau sebagian besar) rakyat mempunyai asset produksi sehingga lebih produktif, dan pengangguran dapat diperkecil.

    ReplyDelete
  48. Menurut UUPA bahwa tujuan pembaruan agraria adalah penciptaan keadilan sosial, peningkatan produktivitas dan peningkatan kesejahteraan rakyat untuk mewujudkan tujuan kemerdekaan bangsa yang terangkum dalam pembukaan UUD 1945 dan terjemahan dari praktek ekonomi negara dalam pasal 33 UUD 1945.

    jadi menurut saya sangat penting reforma agraria..karena hanya itulah senjata utama dan menjadi jawaban atas seluruh masalah rakyat Indonesia yang dirampas tanahnya serta miskin kehidupannya.

    ReplyDelete
  49. kalau menurut saya, belum sesuai dengan fakta yang ada pak.. karna masih banyak rakyat miskin menderita di negara kita, karena pemerintah dalam soal reforma agraria hanya mementingkan kepentingan kalangan orang-orang berdasi saja, tanpa memikirkan orang yang tidak berdasi..

    ReplyDelete
  50. Pemaparannya masih bersifat umum. Reformasi agraria sudah lama ditunggu oleh masyarakat, bukan hanya sekedar konsep saja...

    ReplyDelete

.